Auction System

 Tugas 3 Pemrograman Berbasis Objek 

Diagram Class


Auction System merupakan sebuah sistem untuk melakukan pelelangan dan bisa langsung dilakukan sistem tawar menawar seperti lelang pada umumnya. Mekanisme dari sistem ini adalah memasukkan sebuah benda yang ingin dilelang dan setelah itu dilakukan penawaran-penawaran agar benda tersebut dapat terjual dengan harga tertinggi. adapun beberapa class yang dibutuhkan sebagai berikut :

  1. Class Auction berfungsi sebagai Class utama untuk dilakukannya proses lelang.
  2. Class Bid berfungsi sebagai tempat untuk menampung penawaran-penawaran yang dilakukan pada suatu barang.
  3. Class Lot berfungsi untuk mengecek nama barang serta nomor barang untuk dipassing ke Class yang lain supaya mudah untuk diambil nilainya.
  4. Class Person berfungsi untuk menerima identitas dari penawar dan juga melihat track record penawar yang sedang mengikuti proses lelang.
Berikut merupakan Source Code lengkap, Dengan Class yang sudah disebutkan diatas berserta fungsi-fungsi dari Class tersebut.
  1. Auction.java
  2. Bid.java
  3. Lot.java
  4. Person.java
Langkah-langkah untuk melakukan lelang didalam program ini adalah sebagai berikut :
  1. Compile terlebih dahulu Class Auction.java dan tekan new Auction() agar bisa membuat diagram objek seperti yang berwarna merah.

  2. Setelah itu klik kanan di diagram object yang merah sehingga menghasilkan seperti berikut

  3. Setelah itu tekan void masukkanBarang(String nama) bertujuan untuk memasukkan barang lelang seperti berikut 

  4. Setelah itu tekan ok, dan klik kanan lagi di diagram objek merah, untuk mengecek apakah barang tersebut sudah masuk ke sistem atau belum. Dengan menggunakan konstruktor void tampilkanBarang().Hasil output adalah sebagai berikut ini karena saya inputkan dua kali Hp Xiomi Note 4 sehingga keluar dua barang Hp ini yang akan dilelang.

  5. Kembali lagi ke diagram objek karena ini belum ada penawaran maka kita ke Class person terlebih dahulu untuk mendata siapa yang ingin ikut lelang dengan cara compile Class Person.java setelah itu akan muncul diagram objek seperti berikut
  6.  Setelah itu lakukan penawaran sebagai berikut.Dengan urutan Id barang, nama penawar, dan harga yang ingin ditawar

  7. Dan akan mendapatkan notifikasi bahwa tawaran barang1 sudah sukses dilakukan

  8. Otomatis barang kedua karena tidak ada yang menawar sehingga tertulis "Tidak ada Tawaran", Jika ada tawaran yang lebih tinggi lagi maka akan diambil tawaran tersebut. Untuk Contoh sebagai berikut. Dia akan berubah karena ada harga yang lebih tinggi.


Berikut merupakan hasil kerja yang sudah saya kerjakan dengan maksimal, apabila ada kekurangan dan kesalahan. Author mohon maaf. Wassalamualaikum Wr.Wb


Komentar

Postingan Populer