Tugas 8 Rekayasa Kebutuhan D

 Tugas 8 Rekayasa Kebutuhan D


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Disini saya mengerjakan Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan. Tugas pada kali ini merupakan hal yang perlu dilanjutkan dari sebelumnya. Disini saya menggunakan Aplikasi MokaPos untuk saya gali kebutuhannya terlebih dahulu sehingga mendapatkan fitur-fitur atau spesifikasi dari Aplikasinya. Adapun hal-hal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. Hasil yang ingin didapatkan adalah berupa pembenahan sistem konvensional menjadi sebuah sistem modern
2. Menyelesaikan Kesulitan perhitungan jumlah barang dengan perhitungan secara realtime. Keluar masuk barang akan dicatat
3. Mendapatkan hasil yang bisa mempermudah pembeli serta penjual dalam melakukan sebuah transaksi
4. Mendapatkan tata cara instalasi serta pedoman penggunaan perangkat lunak
5. Memberikan paket lengkap berupa tablet beserta layanan.
6. Memberikan perangkat lunak dengan instruksi yang lebih lengkap.
7. Memberikan demo penggunaan aplikasi.


Disini saya akan menggunakan MoSCoW(Must, Should, Could, Wont) method




Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu aplikasi MokaPos. Moka sendiri adalah sistem POS berbasis mobile untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Moka menyediakan perangkat lengkap bagi para penjual agar bisa menjalankan seluruh bisnis. Layaknya standar aplikasi POS, pelaku UMKM dapat melakukan beragam hal seputar penjualan dan inventory. MokaPOS memungkinkan pelaku bisnis untuk melakukan transaksi pembayaran dari konsumen dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Mulai dari membuat kategori barang, stok, harga, keterangan tambahan dan membuat laporan bisnis dengan cepat dan secara real time dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur untuk pengelolaan karyawan serta manajemen data dan feedback dari pelanggan. Dengan menawarkan tiga paket berdasarkan jumlah item yang dipilih pengguna, Moka juga bisa mengakomodir diskon bagi para penjual melalui kerjasama dengan pihak bank. Adapun spesifikasi yang dapat dibuat adalah sebagai berikut : 

(SKPL-F01) Penjual dapat melakukan manajemen karyawan
(SKPL-F02) Penjual dapat melakukan manajemen Stok 
(SKPL-F03) Penjual dapat melakukan manajemen Meja 
(SKPL-F04) Penjual dapat melakukan manajemen Pelanggan
(SKPL-F05) Penjual dapat menerima pembayaran dengan menggunakan E-Wallet
(SKPL-F06) Penjual dapat menerima penjualan terbanyak(Point of Sale)
(SKPL-F07) Penjual dapat menghubungkan cabang-cabang dari perusahaan tersebut
(SKPL-F08) Penjual dapat melakukan peminjaman modal
(SKPL-F09) Penjual dapat melakukan perhitungan jumlah yang ingin dibayarkan pembeli
(SKPL-F10) Penjual dapat melakukan Login
(SKPL-F11) Penjual dapat melakukan Register
(SKPL-F12) Penjual dapat mengatur komposisi 
(SKPL-F13) Pembeli dapat membayar dengan menggunakan E-Wallet
(SKPL-F14) Admin(Pusat) bisa melakukan verifikasi setiap cabang
(SKPL-F15) Sistem dapat mengakomodasi kustomisasi sistem pembayaran

Spesifikasi Quality Atributes(Non Functional) : 

(SKPL-NF01) Sistem dapat diakses 24 jam setiap harinya
(SKPL-NF02) Apabila Sistem Error Harus diselesaikan dalam 60 detik
(SKPL-NF03) Sistem memiliki keamanan data yang tinggi
(SKPL-NF04) Sistem dapat mempercepat proses transaksi


Dari hasil pekerjaan saya di Tugas 7 Sebelumnya diminta untuk mendapatkan spesifikasi/kebutuhan spesifikasi.

1. Sistem dapat membuat pengguna melakukan manajemen pengguna di dalam sistem(01:13)



2. Sistem dapat membuat pengguna melakukan registrasi terhadap sistem(01.13)


3. Sistem dapat membuat pengguna melakukan prosesi login untuk masuk ke dalam halaman utama(01.13)


4.  Sistem dapat membuat pengguna melakukan pemilihan menu untuk menyesuaikan dengan bisnis dari pengguna(01.35)


5. Pada saat membuka sistem awal maka sistem akan menampilkan makanan yang sering terjual(01.50)

6. Apabila sistem belum memiliki menu yang diinginkan maka pengguna dapat melakukan penambahan data(02.13)

7. Sistem dapat melakukan pembuatan shift untuk data yang didapatkan perhari pada saat penjualan(02.25)

8. Sistem dapat melakukan end shift untuk mengetahui data terakhir serta mendapatkan laporan akhir setelah penjualan(02.43)


9. Sistem dapat melakukan print out laporan akhir setelah penjualan(02.43)


10. Sistem dapat membuat pengguna menambah kuantitas atau jumlah dari pesanan(03.11)


11. Sistem dapat membuat pengguna untuk membuat diskon(03.11)


12. Sistem dapat membuat pengguna memilih tipe untuk makan(03.11)


13. Pada saat setelah melakukan pemesanan pengguna, sistem dapat melakukan langsung pembayaran(03.22)


14. Apabila pengguna ingin menambahkan data customer pada saat setelah pemesanan maka sistem dapat menambah pesanan dan orang yang memesan(03.27)

15. Apabila pengguna ingin membeli sesuatu dengan uang tunai sistem dapat mengakomodasi(03.41)

16. Apabila pengguna ingin membeli sesuatu dengan uang e-wallet sistem dapat mengakomodasi(03.41)


17. Apabila pengguna ingin membeli sesuatu dengan debit/kredit sistem dapat mengakomodasi(03.41)

18.  Pada saat pembelian online gojek dan grab pembayarannya bisa diakomodasi oleh sistem(04.27)
 

19. Sistem dapat melakukan print out dari data pembelian(05.00)

20. Sistem dapat melakukan pengiriman data pembelian di email(05.00)

21. Sistem dapat melakukan pengiriman data pembelian di no HP(05.00)

22. Pengguna dapat melakukan cancel pemesanan apabila ternyata pengguna tidak jadi melakukan pemesanan(05.57)

23. Sistem dapat melakukan proses autorisasi apabila ternyata data tidak sesuai oleh karena salah input(06.36)

24.  Apabila customer ternyata ada yang ingin membayar sebagian sistem dapat mengakomodasi hal tersebut(07.52)



Berikut merupakan pekerjaan yang saya kerjakan dengan semakimal mungkin. Apbila ada kekurangan serta kesalahan mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.







Komentar

Postingan Populer