Tugas 2 MPPL A 2021

 Tugas 2 MPPL A 2021



Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Disini saya mengerjakan Tugas 2 Manajemen Proyek Perangkat Lunak. Saya akan menjelaskan sedikit tentang tugas yang diberikan. Tugas 2 ini diminta untuk melakukan analisis serta step inisiasi dalam sebuah proyek. Proyek yang dimasukkan disini merupakan kasir yang dibutuhkan oleh pedagang serta kaum milenial dalam berjualan untuk meminimalkan usaha yang besar dalam pembuatan pembukuan yang ribet serta bisa dianalis pengeluaran dan pemasukkan dalam upaya memaksimalkan proses bisnis yang dijalankan. Ada beberapa stage yang akan dilalui diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Identifikasi Masalah -> Mengindetifikasi permasalahan yang sedang terjadi dan ingin diselesaikan dengan proyek yang ini dibuat.
  2. Identifikasi Lingkup -> Mengindentifikasi lingkup testing yang ingin dibuat.
  3. Identifikasi Hasil -> Mengindentifikasi Hasil yang ingin diberikan
  4. Identifikasi Pihak yang terkait -> Mengindetifikasi pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan aplikasi
  5. Pembangunan Sebuah Bisnis -> Maintenance serta pemberian pedoman penggunaan.
Dari 5 point diatas kita akan melakukan identifikasi sebuah produk software kasir yang diinginkan oleh kustomer serta akan menyelesaikan permasalahan yang diinginkan, dengan mengikuti alur mokapos.com. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut : 
  1. Identifikasi Masalah
    • Permasalahan kesulitan pembuatan pembukuan dalam proses bisnis yang cakupan bisnis sudah besar
    • Membutuhkan alat yang cepat dalam pencatatan sehingga tidak ada data yang redundan dalam pencatatan
    • Kesulitan menghitung stok pada saat barang masuk maupun barang terjual
    • Kesulitan dalam perhitungan jumlah barang
    • Kesulitan dalam perhitungan harga barang
    • Dalam pandemi covid-19 orang ingin membayar dengan menggunakan uang digital
    • Mengingikan kasir yang portable atau mudah dibawa kemana-mana
    • Ingin mengetahui barang yang sering terjual serta stok yang ingin ditambah
    • Membutuhkan proses inti dimana semua pencatatan semua toko terintegrasi dalam satu sistem serta terikat dengan pendataan online.
    • Pembayaran dengan sistem konvensional akan lebih akurat
    • Kesulitan dalam peminjaman modal usaha
    • Kesulitan dalam penentuan meja yang kosong dalam hal ini bisnis yang ingin dibuat adalah Kedai kopi, Restoran, Restoran Cepat Saji , Retail serta Barbershop & Salon.
    2. Identifikasi Lingkup
    • Lingkup pada permasalahan kasir kali terdiri dari global dan internal
    • Lingkup global mendefinisikan tentang semua dunia akan menggunakan layanan kasir ini mulai dari pembelian suatu barang serta pencatatan record dari penjualan.
    • Lingkup Internal akan digunakan oleh pedagang-pedangan skala Nasional. Serta bisa digunakan untuk membantu UMKM muda yang akan berwirausaha.
    • Lingkup pembayaran yaitu Debit dan E-Wallet
    • Lingkup peminjaman modal usaha dengan fokus kepada kebutuhan bisnis
    3. Identifikasi Hasil
    • Hasil yang ingin didapatkan adalah berupa pembenahan sistem konvensional menjadi sebuah sistem modern
    • Menyelesaikan Kesulitan perhitungan jumlah barang dengan perhitungan secara realtime. Keluar masuk barang akan dicatat
    • Mendapatkan hasil yang bisa mempermudah pembeli serta penjual dalam melakukan sebuah transaksi
    • Mendapatkan tata cara instalasi serta pedoman penggunaan perangkat lunak
    • Memberikan paket lengkap berupa tablet beserta layanan.
    • Memberikan perangkat lunak dengan instruksi yang lebih lengkap.
    • Memberikan demo penggunaan aplikasi.
    4. Identifikasi Pihak Terkait -> Pihak yang terkait dalam pembuatan atau pembangunan sistem ini             terdiri dari :
    • Client(Pedagang)
    • Vendor yang akan membuat aplikasi
    • Perlu kerjasama antara pembayaran online sehingga bisa menggunakan layanan API yang sudah tersedia. 
    • Pihak Pajak untuk membantu proses perpajakan
    5. Pembangunan Proses Bisnis -> Setelah mendapatkan kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan maka         akan diperoleh sebuah proses bisnis yang didapati dari permasalahan-permasalahan yang telah               dijabarkan dan untuk mendapatkan sebuah solusi berupa  pembuatan sebuah software yang                     menunjang hal tersebut. 
    • (SKPL-F01) Penjual dapat melakukan manajemen karyawan
    • (SKPL-F02) Penjual dapat melakukan manajemen Stok 
    • (SKPL-F03) Penjual dapat melakukan manajemen Meja 
    • (SKPL-F04) Penjual dapat melakukan manajemen Pelanggan
    • (SKPL-F05) Penjual dapat menerima pembayaran dengan menggunakan E-Wallet
    • (SKPL-F06) Penjual dapat menerima penjualan terbanyak(Point of Sale)
    • (SKPL-F07) Penjual dapat menghubungkan cabang-cabang dari perusahaan tersebut
    • (SKPL-F08) Penjual dapat melakukan peminjaman modal
    • (SKPL-F09) Penjual dapat melakukan perhitungan jumlah yang ingin dibayarkan pembeli
    • (SKPL-F10) Penjual dapat melakukan Login
    • (SKPL-F11) Penjual dapat melakukan Register
    • (SKPL-F12) Penjual dapat mengatur komposisi 
    • (SKPL-F13) Pembeli dapat membayar dengan menggunakan E-Wallet
    • (SKPL-F14) Admin(Pusat) bisa melakukan verifikasi setiap cabang
Dokumentasi Hasil dari analisis Diatas 
  1. Layanan

  2. Peminjaman Modal

  3. Poster

  4. Dashboard

  5. Kumpulan Bahan

  6. Komposisi

  7. Kumpulan Bahan manajemen

  8. List penjualan

  9. Penjualan

  10. Manajemen Meja

  11. Gabungan Toko

  12. Komposisi

  13. Pembayaran


Berikut merupakan pekerjaan yang saya kerjakan dengan semaksimal mungkin. Apabila ada kekurangan serta kesalahan mohon dimaafkan. Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer