Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan D

Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan D




Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Disini saya mengerjakan Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan. Adapun beberapa hal yang akan dibahas pada kali ini untuk sistem MCAS(Maneuvering Characteristics Augmentation System)  .

1. Pengertian Maneuvering Characteristics Augmentation System(MCAS)



Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver adalah program stabilisasi penerbangan yang dikembangkan oleh Boeing yang menjadi terkenal karena perannya dalam dua kecelakaan fatal 737 MAX, yang menewaskan semua penumpang dan awak di kedua penerbangan, total 346 orang. Pada MAX, MCAS dimaksudkan untuk meniru perilaku penerbangan dari seri generasi sebelumnya, Boeing 737 NG. Selama tes penerbangan MAX, Boeing menemukan bahwa posisi dan ukuran mesin yang lebih besar cenderung mendorong hidung ke atas selama manuver tertentu. Insinyur memutuskan untuk menggunakan MCAS untuk melawan kecenderungan itu, karena desain ulang struktural utama akan sangat mahal dan memakan waktu. Tujuan Boeing adalah agar MAX disertifikasi sebagai versi 737 lainnya, yang akan menarik maskapai penerbangan untuk pengurangan biaya pelatihan pilot. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menyetujui permintaan Boeing untuk menghapus deskripsi MCAS dari manual pesawat, membuat pilot tidak mengetahui sistem tersebut saat pesawat mulai beroperasi pada 2017. 

Setelah kecelakaan Lion Air pada tahun 2018, Boeing dan FAA, yang masih belum mengungkapkan MCAS, merujuk pilot ke prosedur daftar periksa yang direvisi yang harus dilakukan jika terjadi malfungsi. Boeing kemudian menerima banyak permintaan untuk informasi lebih lanjut dan mengungkapkan MCAS dalam pesan lain, dan itu dapat campur tangan tanpa masukan pilot. Menurut Boeing, MCAS seharusnya mengkompensasi sudut hidung yang berlebihan dengan menyesuaikan stabilizer horizontal sebelum pesawat berpotensi mogok. Boeing membantah bahwa MCAS adalah sistem anti-stall, dan menekankan bahwa itu dimaksudkan untuk meningkatkan penanganan pesawat.

Setelah kecelakaan kedua, Ethiopian Airlines Penerbangan 302 pada 2019, otoritas Ethiopia menyatakan bahwa prosedur tersebut tidak memungkinkan awak untuk mencegah kecelakaan, yang terjadi saat perbaikan pada MCAS sedang dikembangkan. Boeing mengakui MCAS berperan dalam kedua kecelakaan itu, ketika bertindak berdasarkan data palsu dari sensor sudut serangan tunggal (AoA). Pada awal 2020, FAA, Transport Canada, dan European Union Aviation Safety Agency (EASA) mengevaluasi hasil uji terbang dengan MCAS dinonaktifkan, dan menyarankan bahwa MAX mungkin tidak membutuhkan MCAS sama sekali.

Pada akhir tahun 2020, FAA Airworthiness Directive menyetujui perubahan desain untuk setiap pesawat MAX, yang akan mencegah aktivasi MCAS kecuali jika kedua sensor AoA mendaftarkan pembacaan yang serupa, menghilangkan kemampuan MCAS untuk mengaktifkan berulang kali, dan memungkinkan pilot untuk mengganti sistem jika perlu. FAA mulai mewajibkan semua pilot MAX untuk menjalani pelatihan terkait MCAS dalam simulator penerbangan pada tahun 2021.

2. Cara Kerja MCAS

Angle of attack yang terlalu besar inilah yang berisiko membuat pesawat stall. Fitur otomatis ini (MCAS), tetap aktif meski pesawat terbang dalam kondisi manual (Autopilot Off). Sistem MCAS akan menurunkan hidung pesawat dengan cara mengatur roda penyesuaian (trim) agar horizontal stabilizer (sayap kecil di ekor pesawat) berputar, membuat hidung pesawat turun.


Dikutip AVIATREN dari The Air Current, Jumat (16/11/2018), sistem ini akan aktif saat:

  • Angle of attack besar
  • Autopilot off
  • Flap (sirip tambahan di sayap) tidak menjulur keluar
  • Berbelok terlalu tajam (miring).


Sistem ini baru akan non-aktif saat angle of attack mengecil, atau pilot meng-override (mengambil alih kendali) dengan cara manual trim. Oleh karena itu, rekomendasi Boeing yag terbit setelah kecelakaan JT610 menyebut, jika terjadi anomali angle of attack, pilot diminta mengatur trim sendiri, baik dari tombol elektrik di setir pesawat, atau manual dengan memutar roda trim. Jika siklus tersebut terus berulang, Boeing juga menginstruksikan pilot untuk mematikan stabilizer trim lewat switch yang disediakan, dan tetap dalam kondisi mati (CUTOUT) sepanjang penerbangan. Anomali yang terjadi dalam penerbangan Lion Air JT610 sendiri menurut KNKT adalah sensor Angle of Attack (AoA) yang memberikan input yang mengacau atau berbeda-beda. Untuk dipahami, bahwa kecelakaan pesawat tidak disebabkan oleh satu faktor tunggal. Banyak faktor di belakangnya yang turut memberi kontribusi terhadap kecelakaan pesawat. Fitur otomatisasi di 737 MAX dan kacaunya sensor AoA Lion Air JT610 adalah dua dari sekian banyak faktor yang sedang diinvestigasi KNKT.

3. Kekurangan Sistem MCAS 



Penyelidikan otoritas setempat makin menguatkan dugaan bahwa jatuhnya pesawat disebabkan oleh kesalahan sistem MCAS, yang berulangkali secara otomatis menukikkan hidung pesawat, sementara pilot berusaha menaikkan pesawat. Para penyelidik mengatakan, kasus Ethiopian Airways mirip dengan kasus jatuhnya Lion Air. Seluruhnya 346 orang tewas dalam dua kecelakaan itu. Kekurangan sistem ini adalah sistem seharusnya memiliki sensor kiri kanan yang sama dan peletakkan derajatnya yang sama oleh karena itu bisa jadi penyebab kesalahan terjadi pada tata letak sensor serta sistem menganggap bahwa anomali itu bisa dilanjutkan, sehingga pada saat sensor menyala maka pesawat akan mengikuti pedoman sistem atau kerja sistem MCAS itu sendiri. Sistemnya perlu dilakukan penyempurnaan kekurangan seperti ini akan menjadi bomerang dan untuk pengguna pesawat.


Berikut pekerjaan yang sudah saya kerjakan dengan semaksimal mungkin, Mohon maaf apabila ada kesalahan kata saya Akhiri Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.


Referensi :
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Maneuvering_Characteristics_Augmentation_System
  • https://aviatren.com/2018/11/16/mengenal-mcas-fitur-otomatis-di-737-max-yang-baru-diungkap-boeing-setelah-kecelakaan-lion-air-jt610/
  • https://aviatren.com/2018/11/16/mengenal-mcas-fitur-otomatis-di-737-max-yang-baru-diungkap-boeing-setelah-kecelakaan-lion-air-jt610/#:~:text=Sistem%20MCAS%20akan%20menurunkan%20hidung,berputar%2C%20membuat%20hidung%20pesawat%20turun.

Komentar

Postingan Populer