Pemrograman Berbasis Object Java Applet

Pemrograman Berbasis Object Java Applet
Diagram Class dan Diagram Object 

Program ini merupakan program yang menggunakan Java Applet. Adapun Java Applet merupakan aplikasi java yang bisa disipkan kedalam halaman HTML. Java applet juga bisa berjalan di beberapa web browser yang memberikan akses terhadap java applet. Java Applet sendiri dirancang untuk berjalan 'remotely' pada browser client, sehingga ada beberapa keterbatasan. Ketika sebuah java applet dibuat, semua pernyataan java yang terkandung di dalam kode sumbernya akan dikompilasi menjadi java bytecode, yakni sebuah bahasa mesin semua yang dibentuk oleh java. Berkas yang berisi java bytecode ini akan disimpan sebagai sebuah berkas kelas java di dalam sebuah Web server. seperti halnya sebuah halaman web yang hendak menggunakan applet tersebut harus menggunanakan tag <APPLET>...</APPLET> didalam kode sumbernya. 

Adapun pada saat ini dibuatkan sebuah program sederhana untuk mencoba dan mengimplementasikan java applet karena harus menggunakan bluej di bawah versi 4.0 sehingga perlu dilakukan instalasi lagi untuk penggunaan java applet disini saya menggunakan versi Bluej versi 3.1.7. Setelah dirun program ini akan menghasilkan berikut :
Gambar mengatur ukuran program

 Adapun aplikasi yang dibuat secara sederhana adalah sebagai berikut :


Gambar diatas merupakan output sebuah program yang source codenya adalah sebagai berikut :


Pembuatan program ini dibutuhkan library java untuk pembuatannya yaitu author perlu import java.awt.*; karena membutuhkan pemanggilan GUI nantinya. Adapun yang dibutuhkan adalah setting font, ukuran font, serta kita mengatur ketinggian dan kelebaran yang kan kita buat. 

Berikut program yang sudah dibuat author dengan semaksimal mungkin apabila ada kekurangan author mohon. Wassalamualaikum Wr.Wb


Komentar

Postingan Populer