Image Viewer

 Image Viewer

Diagram Class dan Diagram Object

Berikut merupakan Aplikasi Image Viewer. Fungsi aplikasi ini adalah untuk membuka sebuah gambar yang nantinya bisa dilakukan editing. Merubah kontras dan editing brightness dari sebuah gambar adapun beberapa class yang digunakan adalah sebagai berikut :
  1. ImageViewer.java merupakan Class utama didalam aplikasi ini karena beberapa class akan dipanggil karena fungsi main terdapat didalam Class Image.Viewer.java ada beberapa fungsi yang disematkan didalam class ini diantaranya adalah tampilan awal dari aplikasi.
  2. ImagePanel.java merupakan Class yang berisi untuk set sebuah foto agar sesuai dengan width dan height dari foto utama. Dan menyesuaikan foto didalam aplikasi.
  3. OFImage.java merupakan class yang berisi tentang editan-editan yang akan ditampilkan nantinya. Adapun class ini berfungsi untuk set data gambar. Berisi fungsi-fungsi untuk melakukan editing gambar.
  4. ImageFileManager.java merupakan class yang berisikan untuk Load image dan save image untuk diproses lebih lanjut.
Dari 4 Class diatas untuk menunjang pembuatan aplikasi ini dan tidak lupa pula menggunakan library yang telah disediakan oleh java. Untuk melakukan pembuatan GUI. 
  1. Javax.swing.*: berfungsi untuk mengembangkan aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) selain itu java swing meruapakan solusi mengembangkan aplikasi berbasis GUI. 
  2. java.awt.*; berfungsi untuk menyediakan sejumlah kelas untuk membuat GUI di Java.
  3. java.awt.event.*; berfungsi untuk fungsi import yang digunakan untuk proses deklarasi dari Class event yang berisi kkomponen dari sebuah program yang dibuat, untuk mengambil semua file dari package event yang mana package event berada pada package java.awt. Java dapat digunakan untuk merancang GUI(Graphical User Interface).
Berikut merupakan source codenya
  1. ImageViewer.java
  2. ImagePanel.java
  3. OFImage.java
  4. ImageFileManager.java
Adapun outputnya adalah sebagai berikut
  1. Tampilan awal Aplikasi

  2. Menampilkan sebuah gambar 

  3. Mencoba filter yang telah dibuat yaitu filter Darker 

  4. Mencoba filter yang telah dibuat yaitu filter Lighter

  5. Mencoba filter yang telah dibuat yaitu filter threshold

Berikut merupakan hasil yang sudah dikerjakan semaksimal mungkin, apabila author ada kesalahan author memohon maaf. Wassalamualaikum Wr.Wb 


Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer